Rabu, 29 Agustus 2012

Baroque Music, The Classical Music for Learning

Sudah banyak buku yang beredar bicara mengenai musik klasik. Anda bisa membaca buku The Mozart Effect, The Mozart Effect for Children, Nurturing Your Child with Music atau The Healing Sound of Music. Kebanyakan buku yang penulis sebutkan diatas telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Dikutip dari buku Genius Learning Strategy : Petunjuk Praktis Menerapkan Accelerated Learning by Adi W. Gunawan dimana penulis buku ini sendiri menuliskan betapa besarnya pengaruh musik klasik terhadap jiwa psikologis pendengarnya.

Apa itu musik Baroque ? Maybe most of you rarely know about this music. Maybe you have heard before about this music, but you don't understand how to use it. Is that true? Actually istilah Baroque itu sendiri merujuk pada jaman sekitar tahun 1600-1750. Pada zaman Baroque, terdapat beberapa komposer terkenal diantaranya Johan Sebastian Bach, Antonio Vivaldi, dan Wolfang Amadeus Mozart.

Musik Baroque sangat unik, karena musik-musik ini hampir sebagian dari musik ini bisa membawa kita kedalam kondisi beta atau alpha. Padahal pada jaman waktu itu manusia belum mengetahui kondisi beta maupun alpha. Para composer ternyata menciptakan musik-musik tersebut secara intuitif yang oleh para ahli jaman sekarang dikatakan bagus untuk relaksasi, visualisasi dan memperbaiki mood seseorang. Musik Baroque digunakan pertama kali oleh Dr. Georgi Lozanov pada masa awal ia mengembangkan teknik belajar bernama Suggestopedia. 

Untuk tujuan pembelajaran, gunakan musik Baroque dengan 2 kategori:

Quick Baroque (antara 100-140 bit per menit)
Untuk brain-storming, diskusi dan tugas yang menuntut output kreatif gunakan musik yang lebih aktif dengan tempo 100-140 bit permenit

Slow Baroque (antara 55-70 bit per menit)
Untuk kegiatan yang membutuhkan pemasukan informasi (information intake) yang banyak seperti membaca mendengarkan ceramah, ada baiknya gunakan musik relaksasi atau visualisasi dengan tempo 55-70 bit permenit.

Dibawah ini penulis sudah menyediakan link download musik klasik dan beberapa kombinasi musik modern untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Beberapa musik yang digunakan dibawah ini masih dalam tahap uji coba, mengingat masih perlunya pertimbangan-pertimbangan adanya pengaruh kondisi hipnosis gelombang alpha dan theta pada otak manusia. Adapun cara pemakaiannya musik dengan kode 01 (Opening), 02 (Pembatas) s/d 13 (Closing)

01 (Opening)
Untuk pembuka/apersepsi pada saat pelajaran baru akan dimulai. Guru diharapkan menjangkarkan sugesti positif terhadap suasana kelas dengan memutarkan lagu yang bisa membuat persepsi bahwa pelajaran yang dilakukan akan sangat menyenangkan dan menggairahkan

02 (Pembatas)
Digunakan untuk membatasi waktu bagi murid disaat anda memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh murid. 

03 (Mood)
Digunakan untuk membangun mood siswa dan membuat suasana kelas lebih positif

04 (Semangat)
Digunakan untuk memperbaiki mood siswa yang hancur karena kejenuhan dan kelelahan.

05 (Relax)
Dirancang untuk menurunkan gelombang otak dari beta ke alpha dengan tempo 55-70 bit permenit, sehingga siswa bisa masuk ke dalam kondisi hipnosis dan siswa menjadi relax dan fokus dalam memasukkan informasi ke memory jangka panjangnya. Musik klasik ini juga bagus untuk kesehatan jiwa dan bisa diaplikasikan khusus untuk pendidikan anak prenatal dalam kandungan.
Link download : http://www.mediafire.com/?u40wijmfhzat29o

06 (Visualisasi)
Dirancang untuk membantu visualisasi dan menghasilkan output kreatif pada anak didik.
07 (Diskusi) - Masih Tahap Uji Coba
Dirancang untuk bisa mestimulus kegiatan diskusi atau group learning activities.

08 (Tema)
Bila materi dikemas dalam suatu tema seperti story-telling activity, language game, ada baiknya menggunakan musik ini untuk memperkuat tema pelajaran tersebut sehingga kekuatan positif pelajaran bisa dijangkarkan ke pikiran jangka panjang para murid.
09 (Konser Act) - Masih Tahap Uji Coba
Teknik Konser Active digunakan pada saat menjelaskan materi, guru diharapkan membacakan materi (story telling) mengikuti intonasi musik dengan penjiwaan dan dengan gesturing yang bagus. Ini diharapkan supaya daya serap bahasa bisa lebih optimal dan guru juga harus memberikan comprehensible-input (sesuatu yg mudah dipahami) ketika melakukan aktivitas ini.

10 (Konser Pas) - Masih Tahap Uji Coba
Digunakan untuk menjangkarkan informasi yang telah dipelajari. Sebelum melakukan Konser Pasif, murid diharapkan dalam kondisi rilek dan santai. Dalam hal ini guru mengulangi pembacaan materi (story telling) diikuti dengan pembacaan secara normal, agak lirih, volume suara agak sedikit dibawah volume musik.

11 (Konser Act-Pas) - Masih Tahap Uji Coba
Teknik konser kombinasi antara konser aktif dan konser pasif. Teknik ini sangat bagus digunakan dalam pembelajaran kolaborasi atau group learning activities.

12 (Brain Gym)
Digunakan pada saat aktifitas fisik yaitu senam otak. Hal ini digunakan ketika murid merasa bosan akan pelajaran yang sedang diba wakan guru.
13 (Closing)
Digunakan saat akan mengakhiri pelajaran. Dalam hal ini guru diharapkan menjangkarkan kegiatan pelajaran dengan musik-musik yang positif, supaya murid-murid mempunyai pikiran yang positif terhadap pelajaran yang sudah dipelajari
Link download : http://www.mediafire.com/?k525fu46p90paug

Keuntungan dari penggunaan musik klasik dalam pembelajaran adalah
1. Musik meningkatkan energi otot
2. Musik meningkatkan energi sel tubuh
3. Musik mempengaruhi detak jantung
4. Musik meningkatkan metabolisme tubuh
5. Musik mengurangi stress dan rasa sakit.
6. Musik meningkatkan kecepatan penyembuhan dan pemulihan pasien pasca operasi.
7. Musik mengurangi rasa lelah dan mengantuk
8. Musik membantu meningkatkan kondisi emosi ke arah yang lebih baik.
9. Musik merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikir.

Kesimpulannya
Musik klasik atau musik apapun itu bisa mempengaruhi pola psikologis para pendengarnya. So, hati-hatilah mendengar musik, for example, mendengar musik sedih saat diputusin pacar bisa memperkuat kesedihan tersebut berlarut-larut (ex : Lagu Cinta Dia by Geisha; bisa dicoba kok - hahaha, I've been working on this research for 3 months). Jadi dengarkan musik yang positif yang bisa menata hati kita lebih baik (musik klasik, musik pop, musik reggae) dan mengispirasi hidup kita agar tidak semata-mata berpikir negatif akan arti hidup ini. 

Writer : Mr. Made Kasumajaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar